Google

Rabu, 14 Desember 2011

Kekeringan di Musim Kemarau, Banjir di Musim Hujan


05.31 |

Air adalah kebutuhan utama bagi kehidupan, bukan hanya bagi manusia namun juga bagi kelangsungan mahluk hidup yang ada dimuka bumi. Air merupakan sumber energi, tanpa air makhluk hidup tidak akan bisa bertahan hidup. Tetapi bagaimana jadinya jika sumber air melimpah tetapi kita tidak bisa mengolahnya dan bagaimana pula jika sumber air berkurang?
Disaat musim kemarau persediaan air sangat minim, bahkan di daerah yang memiliki sedikit sumber mata air mengalami kekeringan. Para warganya mau tidak mau harus mencari sumber mata air untuk memenuhi kebutuhannya (makan, minum, mandi, cuci, dll). Jarak yang jauh pun tidak mereka hiraukan. Tumbuh-tumbuhan banyak yang layu hingga mati dan hewan pun ikut merasakan dampaknya disaat musim kemarau ini. Akan tetapi saat musim hujan tiba, sebagian daerah di wilayah Indonesia mengalami bencana banjir. Semua hanyut dan banyak korban berjatuhan. Kedua bencana ini sudah menjadi hal biasa di sebagian wilayah Indonesia. Penyebab dari bencana ini sangatlah banyak, mulai dari kurangnya kesadaran dari manusia yang mempunyai tugas untuk mengolah dan memelihara hingga karena faktor cuaca.
Cepat atau lambat jika hal ini tidak segera ditangani maka bencana yang disebabkan oleh air ini semakin parah di setiap tahunnya. Tidak mungkin juga jika bencana ini harus menjadi langganan di setiap musim. Untuk meminimalisir bencana tersebut kita diharuskan untuk mengadakan konservasi sumber daya air. Konservasi sumber daya air adalah upaya memelihara keberadaan serta kelanjutan keadaan, sifat dan fungsi sumber daya air agar selalu tersedia dalam kuantitas dan kualitas yang memadai untuk memenuhi kebutuhan mahluk hidup, baik pada waktu sekarang maupun yang akan datang. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan sumber daya air ini, seperti: penanaman pohon, menjaga kebersihan lingkungan, membuat resapan air, menghemat penggunaan air, dll.
Sebagai blogger, disini saya tidak hanya diam saja melihat keadaan lingkungan yang semakin rusak, entah karena ulah manusia sendiri atau karena memang umur bumi yang semakin menua. Sebagai generasi muda saya pun wajib ikut serta dalam menyelamatkan lingkungan khususnya sumber daya air. Peran blogger dalam hal ini saya kira tidak sebanyak dengan yang lain. Blogger akan ikut serta dalam mendukung dan menyediakan berbagai informasi mengenai lingkungan hidup khususnya sumber mata air yang merupakan sumber utama dan pemeliharaannya melalui postingan, iklan, slogan, poster, atau bentuk informasi lainya. Selain itu blogger juga ikut meramaikan dengan mengingatkan serta mengajak para blogger-blogger lain dan pembaca tentunya agar selalu ingat terhadap lingkungan hidup ini. Dimana kita hidup, disitulah kita memiliki kewajiban untuk menjaga kelestarian dan keindahan lingkungan. Kita pasti tidak mau juga jika lingkungan yang ada disekitar kita rusak dan kita menjadi korbannya. Selain mengingatkan tentunya blogger ikut melakukan pelestarian air dalam kehidupan nyata. Talk less do more, itu lah yang diharapkan. Paling tidak kita memulainya dari diri kita sendiri. Jika kita memiliki kesadaran dalam mengolah dan memelihara sumber daya air maka bencana banjir dan kekeringan tidak akan terjadi lagi mengingat masa depan dan generasi anak cucu kita. Jangan sampai kita baru sadar disaat kita menjadi korban bencana tersebut. Dengan memelihara sumber mata air berarti kita telah menyelamatkan bumi karena semua makhluk hidup telah bergantung terhadap air.



You Might Also Like :


2 komentar:

rusydi mengatakan...

pertamax, salam kenal. ditunggu kunjungan baliknya kawan

Aquatic 123 mengatakan...

Thanks for info https://bit.ly/2RBQl1R

Posting Komentar