Google

Rabu, 07 Desember 2011

Pengenalan Java


04.07 |

Netbeans merupakan IDE (Integrated Development Environment) yang ditujukan untuk memudahkan pemograman java. Dalam Netbeans, pemograman dilakukan berbasis visual dan event driven. Java adalah sebuah bahasa pemrograman komputer berbasiskan Object Oriented Programming (Pemograman Berbasis Objek).
Untuk membuat dialog atau user intervace, kita tidak perlu membuat test program secara manual seperti di C++ atau pascal, tetapi cukup klik pada component-pallete. Teks program akan dihasilkan secara otomatis. Netbeans mencakup compiler atau builder dan debugger. Hal ini sangat memudahkan proses perancangan program yang akan kita buat.

Sebelum kita melakukan coding java, tentunya komputer kita harus terinstal aplikasi Netbeans dan Java Develpment Kit (JDK). Setelah itu barulah kita coding...

Untuk merancang program dengan java, disini menggunakan program Netbeans IDE 7.1.0. Cara menjalankan Netbeans IDE 7.0.1:
1. Pastikan Netbeans IDE 7.1.0 sudah terinstal di computer.
2. Start-All Programs- Netbeans IDE 7.1.0.
3. Jika Sudah maka akan muncul gambar seperti di bawah ini.








 



4. Pilih menu File-New Project. Akan muncul layer berikut ini.










5. Pilih Java Aplication pada pilihan projectnya dan klik tombol next.






 




6. Setelah muncul gambar diatas, tulislah nama project pada project name, pilih lokasi penyimpanan dengan mengklik browser, centang pada main class dan set as main project untuk menjadikan sebagai project utamanya. Klik tombol finish dan coding audah bisa dimulai.

7. Untuk membuat Latihan1, maka pada lembar kerja setelah barispublic static void main(String[] args) { //kepala program dalam java
// TODO code application logic here
ketikan: System.out.println("Mari Belajar Java") ; //menampilkan text
Kemudian pilih tombol run untuk melihat hasilnya.















Gimana?
Gampang kan???
 :P
Moga nambah ilmu buat kalian..


You Might Also Like :


0 komentar:

Posting Komentar