Google

Kamis, 24 November 2011

Mendapatkan Uang dari Blog


20.26 |

Kemarin kan aku sudah posting tentang fungsi blog, salah satu fungsinya adalah blog sebagai media mencari penghasilan.
Mungkin kamu akan bertanya-tanya, "Kuk bisa sich blog ngasilin uang? Bagaimana caranya?". :eek:
Yupz... Kali ini aku akan menjabarkan kembali tentang fungsi blog tersebut.

Blogging memang salah satu bisnis besar akhir-akhir ini. Beberapa blogger dilaporkan memiliki penghasilan jutaan dollar karena blog. Ada banyak cara yang dilakukan blogger untuk mendapatkan penghasilan dalam jumlah besar, dan tentunya cara tersebut tidak mengusir, mengurangi atau menakut-nakuti minat pembaca kamu untuk berkunjung ke blog mu.
Berikut ini cara-cara mendapatkan uang melalui blog:
1. Dengan memanfaatkan advertising atau iklan dengan program pay per click (PPC).
Seperti yang kita ketahui, dunia blog advertising seolah-olah tidak pernah ada akhirnya. Setiap saat pebisnis online membutuhkan blog untuk memasang iklan mereka, baik berbentuk iklan text (text link) maupun iklan banner (banner ads). Program PPC memberikan kesempatan bagi para pemilik blog, untuk memasang script iklan di blog mereka dan penghasilannya ditentukan oleh seberapa banyak pengunjung blog tersebut meng-klik iklan yang ditampilkan. Jadi penghasilan dari PPC sangat ditentukan oleh pengunjung blog, baik secara kuantitas maupun kualitasnya.
Iklan yang ditampilkan dalam program PPC bisa dalam bentuk iklan text (tulisan), iklan banner (gambar), iklan video (video ads); baik dalam wujud statis maupun yang berupa gambar dinamis (flash), tinggal kita yang memilih akan menampilkan iklan model apa, ukuran berapa dan jenisnya apa.
Jika kita punya sebuah blog, maka kita bisa menghasilkan uang dengan memasang iklan text atau banner di blog. Bagi kamu yang ingin mengikuti jejak para blogger yang sudah kaya dengan memanfaatkan iklan maka kamu bisa kunjungi link-link berikut:
Untuk yang berbahasa Indonesia.




Untuk yang berbahasa inggris, kamu bisa daftar ke Google AdSense.
Cara dari setiap alamat diatas berbeda dan biasanya sudah ada petunjuk di dalamnya.

2. Dengan Menjual Link(Paid Links)
Menjual link adalah salah satu cara paling mudah menghasilkan uang dari sebuah blog, apalagi jika blog kita punya pagerank yang tinggi. Pagerank adalah ranking sebuah blog di internet, dilihat dari sejumlah indikator, termasuk kualitas, popularitas, backlinks dan sebagainya. Yang dimaksud paid link di sini adalah link yang terpasang sebagai blogroll atau link lain dalam bentuk sederhana yang diletakkan di sidebar sebuah blog, atau di bagian halaman depannya saja, bukan link di dalam postingan/review.
a. Secara langsung dengan mencari calon pembeli link (advertiser) melalui forum-forum webmaster di internet atau menunggu tawaran pembelian link yang datang secara langsung ke blog kita melalui halaman kontak.
b. Secara tidak langsung, bisa melalui perusahaan paid links yang bertindak sebagai perantara (broker), atau melalui seseorang yang bekerja sebagai links broker.

3. Melalui Paid Review
Paid Review dapat diartikan sebagai artikel berisi ulasan tentang produk, orang, perusahaan atau jasa tertentu, yang dipublikasikan di sebuah blog dengan mencantumkan kata kunci yang mewakili produk, orang, perusahaan atau jasa tersebut, yang ditautkan ke alamat situs yang bersangkutan. Program paid review ini adalah sumber penghasilan yang cukup nyaman dilakoni oleh para blogger, malah saya melihat sebagian besar penghasilan seorang blogger pada tahap-tahap awal berada pada level ini.

4. Melalui Program Paid Banner.
Paid banner atau iklan banner yang berbayar di sini berbeda dengan program blog monetizing lain yakni Pay Per Click (PPC). Yang dimaksud paid banner di sini adalah space iklan banner yang kita jual ke advertiser dengan harga flat dalam jangka waktu tertentu. Misalnya, ada advertiser yang memasang sebuah banner berukuran 728×90 px di header blog kita untuk jangka waktu 3 bulan dan membayarnya dengan sejumlah uang. Jadi, meskipun iklan bannernya tidak ada yang klik, tapi kita tetap akan dapat bayaran yang sudah tetap setiap bulannya atau setiap periode waktu tertentu.

Begitulah cara mendapatkan uang dari blog. Enak kan???
Siapa juga sich yang gak pengen dapat uang?hhee... :P
Sebenarnya cara lain juga ada jika kamu mau searching di google, hhee... :P
Aku juga baru nyoba buat mengikuti jejak mereka.
Selamat Mencoba..
Semoga kita berhasil..
:)

Sumber:


You Might Also Like :


0 komentar:

Posting Komentar