Google

Minggu, 27 November 2011

Perbedaan Blog, Facebook, dan Website


07.22 |

Website adalah sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya. Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti internet, ataupun jaringan lokal(LAN) melalui alamat internet yang dikenali sebagai URL. Sebuah website merupakan berkas yang ditulis sebagai berkas teks biasa (plain text) yang diatur dan dikombinasikan sedemikian rupa dengan instruksi-instruksi berbasis HTML, atau XHTML, kadang-kadang pula disisipi dengan sekelumit bahasa skrip. Berkas tersebut kemudian diterjemahkan oleh peramban web dan ditampilkan seperti layaknya sebuah halaman pada monitor komputer. Halaman-halaman web tersebut diakses oleh pengguna melalui protokol komunikasi jaringan yang disebut sebagai HTTP, sebagai tambahan untuk meningkatkan aspek keamanan dan aspek privasi yang lebih baik, situs web dapat pula mengimplementasikan mekanisme pengaksesan melalui protokol HTTPS.
Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial.

Perbedaan dari ketiganya adalah:
1. Kalau di facebook orang sering update status tentang kegiatannya atau sesuatu yang dia pikirkan, maka beda dengan di blog. Di blog orang lebih sering memuat tulisan dan gambar atau yang disebut posting berupa catatan harian, media publikasi, tutorial, cerita, dll. Beda lagi di website, para pengguna website jarang sekali membuat postingan, postingan mereka hanya memuat hal yang bersifat informasi umum.
2. Untuk media penyimpanan facebook lebih sedikit dibanding blog, dan website memiliki kapisitas lebih banyak dibanding blog.
3. Dengan di facebook dan blo, kita diberi kemudahan dalam memposting cerita kita, tetapi untuk website harus menggunkan software untuk memperbarui tulisan.
4. Website mempunyai hosting sendiri sehingga tidak perlu ngelink di hosting gratis, sedangkan facebook dan blog masih menggunakan hosting gratisan. Tetapi ada juga web-web yang memakai hosting gratisan.

Sebenarnya antara Blog, Facebook, dan Website mempunyai satu kesamaan yaitu sama-sama memberikan informasi. Ketiganya hanya memiliki perbedaan yang tipis dimana blog merupakan bagian dari website dan facebook itu merupakan website.
Gimana, sudah tahu kan bedanya?
Atau malah tambah bingung?
Hheee..
Semoga menambah pengetahuan Anda.
:)


You Might Also Like :


0 komentar:

Posting Komentar