Google

Minggu, 27 November 2011

Macam-macam Social Networking


05.57 |

Kalau Social Networking sudah tahu..
Manfaat dan kerugiannya juga sudah dijelaskan..
Sekarang kalau mau join ke situs-situs sosial networking dimana?
Caranya bagaimana?

Ups... Jangan terlalu dipikirkan..
Kalau kamu pengen join, silahkan kunjngi situs-situs berikut:
Aku kira semua orang sudah tahu dengan situs jejaring sosial ini. Facebook adalah situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Situs ini memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif. Pengguna facebook dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu yang sudah diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau karakteristik lainnya. Facebook juga menyediakan fasilitas chat sehingga kita bisa saling mengobrol dengan teman yang sama-sama online. Fitur-fitur yang lain juga telah disediakan, pengguna bebas menggunakannya.

2. Twitter
Siapa yang gak kenal dengan twitter?
Hampir semua remaja di Indonesia memilikinya.
Twitter adalah suatu situs web layanan jaringan sosial dan mikroblog yang memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan "pembaharuan" berupa tulisan teks(tweets) dengan panjang maksimum 140 karakter, pengirim pesan instan, surat elektronik, atau aplikasi seperti Twitterrific dan Twitbin. Tweets bisa dilihat secara bebas, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat tweets dari penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut. Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. O ya, antara twitter dan facebook bisa dikoneksikan lho, jadi kalau kita tweets di twitter maka secara otomatis tweets tersebut menjadi status di facebook.

Ini adalah situs jejaring sosial yang pertama aku kenal. Friendster, yang ide penamaannya berasal dari nama Napster, adalah sebuah situs web jaringan sosial di mana seorang pengguna akan membuat identitas maya dan kemudian mengisi data dirinya untuk kemudian mendapatkan account di Friendster. Friendster dimulai sejak tahun 2002 oleh Jonathan Abrams dan sekarang sudah melewati masa beta test.
Dalam Friendster, kita dapat melihat teman dari teman kita dan teman-temannya teman kita. Selain itu di friendster kita diberikan kebebasan dalam memilih background atau template sesuka hati kita. Sejak awal 2005, Friendster juga telah memulai fitur blog. Bahasanya juga sudah multi-language. Situs ini sudah ada versi untuk mobile-nya juga. Kini penampilannya pun sudah beda jauh dengan yang dulu. 

4. MySpace 
MySpace  merupakan situs social network yang terbesar yang mampu mengalahkan dominasi Friendster yang sebelumnya menguasai situs pertemanan di dunia. MySpace hadir dengan berbagai fitur yang sangat komplit dan memiliki hampir semua fitur yang ada disetiap social network. Situs ini menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi, blog, grup, foto, musik, dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia. Dari hasil rating MySpace hanya memiliki kekurangan dalam hal tidak terdapatnya fitur iklan gratis seperti yang ada pada hi5, Orkut dan Yahoo! 360. MySpace juga dilengkapi dengan fitur mulai dari blog hingga user dapat memajang klip video atau musik.
MySpace mulai dirilis sejak tahun 2003, yang pada mulanya hanya digunakan dikalangan karyawan eUniverse dan dimulai dengan membuat kontes untuk melihat siapa yang dapat memperoleh member paling banyak dan akhirnya salah satu dari anggotanya mengusulkan agar mengkomersilkan fitur-fitur Myspace. Markas situs ini terletak di Beverly Hills, California, Amerika Serikat. Tetapi pada tahun 2005, News Corp membeli MySpace dengan harga 580 juta dollar AS dan MySpace resmi berpindah tangan menjadi milik News Corporation.

5.  Hi5
Hi5 pertama kali ditemukan pada tahun 2003 oleh Ramu Yalamanchi. Dalam perkembangannya, situs Hi5 dinilai sebagai salah satu situs sosial dengan tampilan Web 2.0 yang terbatas. Fitur-fitur dan aplikasi yang terdapat dalam Hi5 tidak jauh berbeda dengan situs sosial lain. Situs Hi5 ini berhasil menghubungkan orang-orang dari seluruh belahan dunia dengan sangat mudah, tanpa harus memiliki akun Hi5. Inilah yang menyebabkan pada tahun 2009, Hi5 menjadi salah satu dari dua puluh besar situs sosial yang paling sering dikunjungi oleh masyarakat mancanegara dengan lebih dari 60 juta pengguna aktif. Di situs ini terdapat jutaan anggota, ribuan komentar, gambar, messenger dengan tema, forum, hadiah, pilihan pribadi, dan masih banyak lagi. Situs Hi5 merupakan salah satu situs sosial yang gratis, tanpa dipungut biaya. Selain itu, Hi5 memiliki aplikasi atau situs terkait yaitu parahi5.com yang menyediakan akses untuk mengunduh gambar, konten, ataupun gambar depan (wallpaper) secara gratis. Pengguna juga dapat melengkapi profilnya dengan latar belakang musik. Di Hi5 kita juga bisa menemukan sangat banyak pilihan tambahan. Saat ini, situs social networking sangat populer. Orang bisa berhubungan dengan keluarga, teman, dan kekasih. kamu bisa bertemu dengan orang lain secara online.
Pada tahun 2010, Hi5 menduduki peringkat enam besar dari sekian banyak situs sosial yang ada di dunia dengan kebanyakan pengguan Hi5 berada di wilayah Amerika Latin dan Asia Selatan. Kini, Hi5 lebih dikenal sebagai situs permainan sosial.

LinkedIn adalah situs jejaring sosial yang berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional. Sampai September 2007 situs ini memiliki lebih dari 14 juta pengguna terdaftar, meliputi 150 industri dan lebih dari 400 bidang ekonomi yang diklasifikasi menurut jas.
CEO LinkedIn saat ini adalah Dan Nye dan kantornya berlokasi di Mountain View, California. Perusahaan ini didanai oleh Greylock, Sequoia Capital, Bessemer Venture Partners, serta European Founders Fund. LinkedIn mulai meraih keuntungan (arus kas positif) sejak Maret 2006.

7. Plurk
Pasti sudah banyak yang tahu dan pakai jejaring sosial yang satu ini. Plurk dirilis pada tanggal 12 Mei 2008. Plurk sendiri sangat populer di Taiwan, Filiphina dan Indonesia. Plurk adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog gratis yang mengizinkan pengguna mengirim pembaruan (dikenal sebagai suatu plurk) melalui antarmuka web, pesan singkat, atau cara lain, dengan panjang maksimum 140 karakter. Pembaruan ini akan ditampilkan pada halaman web pengguna menggunakan garis waktu yang menampilkan semua pembaruan yang diterima dengan urutan kronologis, dan selanjutnya disampaikan ke pengguna lain yang masuk.
Plurk ini sangatlah unik dibanding jejaring sosial lainnya, di plurk akan memberikan reward kepada plurker (sebutan bagi user plurk) yang dikenal dengan nama karma. Karma akan diberikan berdasarkan jumlah response terhadap plurk yang di posting seseorang, keaktifan dalam pertemanan dan jumlah perekrutan anggota baru.

8. Orkut 
Orkut adalah komunitas online yang dirancang untuk membuat kehidupan sosial seseorang lebih aktif dan bersemangat. Jaringan sosial orkut dapat membantu seseorang mempertahankan hubungan yang ada melalui foto dan pesan, serta menjalin hubungan baru dengan menjangkau orang yang belum pernah di temui sebelumnya.Orkut memudahkan pencarian orang yang memiliki hobi dan minat yang sama, hubungan romantis, atau menjalin kontak bisnis baru. Pengguna juga dapat membuat dan bergabung dalam beragam komunitas online untuk membahas kejadian terkini, berhubungan kembali dengan teman lama di sekolah atau bahkan bertukar resep favorit.
Dinamai Orkut, karena nama itu sebagai bentuk dedikasi Google terhadap kreatornya yang bernama Orkut Büyükkökten. Orkut menjadi layanan jejaring social paling kondang di Brasil dan nomor dua di India. Kalau di Indonesia mungkin baru kali ini kalian dengar namanya.

9. Koprol
Koprol atau yang lebih dikenal dengan Yahoo! Koprol, merupakan jejaring sosial berdasarkan lokasi yang ditujukan untuk kota-kota di Indonesia. Koprol memberitahu lokasi sesama pengguna Koprol serta menghubungkan sesama penggunanya yang berada ditempat yang sama. Jejaring sosial ini menggunakan metode berbasis lokasi. Di sini ponsel pengguna dapat bersifat seperti GPS (Global Positioning System) tanpa aplikasi GPS dari ponsel itu sendiri. Koprol menyediakan sejumlah pilihan tempat dimana penggunanya bisa check-in di lokasi tersebut. Setelah masuk log, di sini pengguna bisa melihat siapa saja anggota lain yang sedang berada di lokasi yang sama. Kata Koprol yang dipilih sebagai nama jejaring sosial ciptaan Satya Witoelar, Fajar Budiprasetya, dan Daniel Armanto memiliki arti orang gelinding yang kemudian diartikan oleh mereka sebagai perpindahan dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Ini dirasa sesuai dengan target pengguna Koprol yang merupakan orang yang mobile. Dengan Koprol, pengguna bisa mengulas lokasi-lokasi yang mereka kunjungi. Lokasi yang bisa di-update tidak hanya sebatas restoran, kafe, atau mal, namun juga kota, tempat publik, dan lain sebagainya. Pengguna juga bisa mengetahui siapa-siapa saja pengguna Koprol lain yang sedang berada di lokasi sekitarnya. Dengan adanya fitur Yahoo! Maps pada jejaring sosial ini, pengguna Koprol dimudahkan untuk mengetahui lokasi tempat dia berada.

Google+ atau Google Plus adalah jejaring sosial yang dioperasikan oleh Google Inc. Google+ diluncurkan pada 20 Juni 2011 kemarin dengan sistem undangan untuk diuji coba. Di hari tersebut, pengguna Google+ diijinkan untuk mengundang teman di atas 18 tahun, untuk membuat akun. Namun, ini segera dihentikan sehari kemudian setelah pembuatan akun semakin membeludak. Google+ mengintegrasikan layanan sosial seperti Google Profile dan Google Plus, dan memperkenalkan layanan baru seperti Circles, Hangouts, Sparks, and Huddles. Google+ juga akan tersedia dengan berbagai aplikasi desktop dan aplikasi ponsel, tetapi hanya pada Android dan sistem operasi iOS. Media massa seperti The New York Times telah menyatakan bahwa Google+ adalah upaya terbesar Google untuk menyaingi Facebook yang telah mempunyai lebih dari 750 juta pengguna pada tahun 2011.Tapi sayangnya untuk saat ini, Google + hanya dapat digunakan bagi segelintir orang saja dan hanya bisa dinikmati via undangan dari para pengguna yang sudah terdaftar karena Google + untuk saat ini masih dalam uji coba alias beta version.

Itulah sebagian nama situs jejaring sosial yang terkenal di negara kita walaupun sebagian masing asing buat kita. Sebenarnya masih ada banyak lagi situs-situs jejaring sosial, seperti: HeelloTumblrYahoo! Meme, Bebo, Fupei, Perfspot, dan Zorpia. Situs-situs itu tentunya memeliki tujuan yang sama yaitu menambah teman dan menjalin hubungan dengan orang lain.

Semoga menambah pengetahuan Anda.

:)


You Might Also Like :


0 komentar:

Posting Komentar