Google

Sabtu, 26 November 2011

Manfaat dan Kerugian Social Networking


02.44 |

Jejaring Sosial atau Social Networking kan sudah aku posting...
Pastinya tahu dunk apa itu Social Networking.
Yupz... Social Networking adalah kegiatan menjalin hubungan dengan orang lain melalui social media sites / situs jejaring sosial yang ada di internet. Dengan jejaring sosial kita bisa berpertisipasi dengan memberi kontribusi dan feedback secara terbuka, memberi komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas. Selain itu ada banyak manfaat yang bisa kita ambil dari sini, seperti:
1. Kita bisa menjalin silahturahmi antara sesama teman kita dimana saja tanpa harus bertatap muka atau berkontak fisik secara langsung.
2. Kita bisa mendapatkan banyak teman, terutama untuk memperluas jaringan kita.
3. Dengan jejaring social, kita bisa bertemu dengan teman lama yang sudah lama tidak pernah ketemu, bahkan sampai lost contact.
Banyak lho orang-orang yang sudah merasakan manfaat ini. Karena dulu waktu SD atau SMP belum ramai-ramainya Gadget jadi gak sempat minta no. HP yang bisa dihubungi sewaktu-waktu. Ada sich yang memberikan alamat rumah, tapi gak menutup kemungkinan juga kalau teman kita itu pindah. Dengan jejaring sosial ini kita bisa mencari teman-teman lama kita yang sudah lost contact.
4. Kita bisa menambah ilmu pengetahuan, misalnya: dengan mendesign, design layout dari jejaring sosial kita atau bisa membuat aplikasi dan kemudian di share ke teman-teman lewat jejaring sosial juga.
5. Lebih cepat mendapatkan informasi.
Banyak informasi yang kita dapat dari facebook, blog, twitter, dan jejaring sosial lainnya yang belum tentu kita dapat sebelumnya.
6. Dapat di gunakan sebagai ajang promosi perusahaan, wirausahawan, dan para owner-owner dari suatu usaha skala kecil.
7. Bisa menghasilkan uang dengan memanfaatkan iklan pada jejaring sosial blog.

Walaupun banyak manfaatnya, ternyata jejaring sosial  ini juga memiliki kerugian, seperti:
1.
Adanya tindakan kriminal karena sering di salah gunakan oleh oknum-oknum yang tidak benar.
Misalnya : penipuan berkedok pertemanan, kemudian setelah terkena hasutan pelaku, orang tersebut bisa diculik, kemudian di jual atau dibunuh.
2. Banyak sekali account account palsu yang mengaku dirinya seorang artis atau yang lainnya, dan ada juga yang memanfaat jejaring sosial untuk menjatuhkan nama baik seseorang.
3. Adanya jejaring sosial yang membawa virus-virus yang dapat merusak komputer.
4. Menyebabkan ketergantungan bagi pengguna sehingga lupa akan tugasnya.
Misalkan: Di perusahaan A memberikan akses terhadap situs jejaring sosial dan tidak membatasinya, maka berkurangnya produktivitasbagi sebagian pegawai. Tidak hanya itu saja, bagi remaja-remaja akan mencetak mental malas jika tidak memanfaatkannya dengan baik.
Itulah manfaat dan kerugian dari jejaring sosial.
Manfaat dan kerugiannya tidak itu saja lho, semua tergantung dari penggunanya. Jika dia baik dalam menggunakan maka banyak manfaat yang dipetik, dan minim terjadi kriminalitas.

Semoga menambah pengetahuan Anda.
:)


You Might Also Like :


0 komentar:

Posting Komentar